Peringati World Food Safety Day, Balai POM di Ambon Ajak Masyarakat Konsumsi Pangan yang Aman

11-06-2024 Ambon Dilihat 139 kali

Ambon (08/06/24) - Bertepatan dengan World Food Safety Day atau Hari Keamanan Pangan Sedunia yang jatuh pada tanggal 7 Juni, Balai POM di Ambon menggelar sosialisasi Pola Hidup Sederhana dan Sehat dengan konsumsi Pangan Aman Bebas dari Cemaran di Gereja Joseph Kham Jemaan GPM Klasis Kota Ambon, Sabtu (08/06/24).

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Balai POM di Ambon, Anita A. Soenarko yang mensosialisasikan tentang keamanan pangan. Keamanan pangan merupakan salah satu faktor penting dalam melakukan penyelenggaraan sistem pangan. Penyelenggaraan Keamanan Pangan bertujuan agar negara bisa memberikan perlindungan kepada masyarakat untuk menkonsumsi pangan yang aman untuk kesehatan dan keselamatan jiwanya.

Selain itu,  pada kesempatan ini juga diadakan pameran sederhana yang bertujuan untuk mengedukasi peserta mengenai cara mengindentifkkasi leagalitas obat dan makanan menggunakan aplikasi BPOM Mobile atau melalui laman resmi di cekbpom.pom.go.id. sekaligus produk-produk obat dan makanan yang tidak memenuhi ketentuan (TMK).

Balai POM di Ambon sendiri terus berupaya menjamin terwujudnya penyelenggaraan Keamanan Pangan di setiap rantai pangan secara terpadu melalui program program prioritas nasional yaitu Program Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD), Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas (PPABK), dan Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah (PJAS).

Ketiga program prioritas tersebut menyasar keamanan pangan sehingga makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat terbebas dari bahan kimia yang dilarang seperti boraks, formalin, pewarna tekstil rhodamin-B dan metanil yellow. Demikian juga dengan cemaran mikrobiologi seperti bakteri dan jamur yang dapat mengakibatkan masyarakat mengalami gangguan Kesehatan (HR).

Dapatkan informasi obat dan makanan terkiniFollow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb/Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (0911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE

Sarana