40 Orang Mahasiswa STIKes di Kota Ambon Siap Jadi Kader Kata BPOM On The Spot

15-06-2024 Ambon Dilihat 155 kali

Ambon (13/06) - Balai POM di Ambon gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kader Kata BPOM On The Spot (OTS) di Aula Pattimura pada Kamis (13/06/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk melatih Mahasiswa menjadi kader BPOM dalam meningkatkan efektivitas pengawasan obat dan makanan di Provinsi Maluku. Kegiatan ini di hadiri oleh Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan, Andi Muh Arfah dan Ketua STIKes Maluku Husada, Sahrir Sillehu.

Kegiatan diawali dengan sambutan Ketua STIKes Maluku Husada dan Wakil ketua Bidang kemahassiwaan STIKes RS Prof. Dr. J.A. Latumeten sekaligus memaparkan kesiapan kampus menjadi mitra pembentukan Kader Kata BPOM OTS. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kepala Balai POM di Ambon sekaligus membuka kegiatan secara resmi. Tamran Ismail mengungkapkan salah satu tantangan yang dihadapi Balai POM di Ambon dalam menjalankan tugas pengawasan yaitu, luasnya cakupan pengawasan obat dan makanan di Provinsi Maluku.

“terbatasanya sumber daya manusia, anggaran, kondisi geografis, serta semakin bertumbuhnya pelaku usaha di bidang obat dan makanan juga menjadi tantangan tersendiri dalam melakukan pengawasa obat dan makanan yang menjadi tugas BPOM, ungkap tamran dalam sambutannya.

Seperti yang kita ketahui, Badan POM merupakan salah satu lembaga negara non kementrian yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden RI untuk melakukan pengawasan obat dan makanan di Indonesia. Melalui Peraturan BPOM No. 19 tahun 2023, Balai POM di Ambon merupakan Unit Pelasana Tugas (UPT) Badan POM yang berkedudukan di Provinsi Maluku, di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan. BPOM di Ambon sebagai UPT Badan POM memiliki wilayah kerja meliputi 9 Kab/kota di Provinsi Maluku.Oleh karena itu, dalam menjawab tantangan yang ada, Balai POM di Ambon membentuk  kader Kata BPOM On The Spot dari kalangan Mahasiswa yang nantinya diharapkan akan menjadi perpanjangan tangan Balai POM di Ambon dalam melakukan pengawasan Obat dan Makanan.

Pada kegiatan ini para calon kader dibekali pengetahuan dalam memberikan informasi, pemantauan, dan pengujian sederhana obat dan makanan selain itu mereka juga diajarkan cara mengidentifikasi legalitas produk obat dan makanan melalui website resmi Badan POM (https://cekbpom.pom.go.id) dan aplikasi BPOM Mobile. Setelah mengikuti serangkaian kegiatan bimtek para peserta, sebanyak 40 Orang Mahasiswa yang berasal dari 2 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) di Kota Ambon yaitu STIKes Maluku Husada dan STIKes RS Prof. Dr. J.A. Latumeten dan STIKes Maluku Husada dilantik menjadi Kader Kata BPOM OTS oleh Kepala Balai POM di Ambon, Tamran Ismail.

Ketua STIKes Maluku Husada, Sahrir Sillehu dan Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan, Andi Muh Arfah berterima kasih kepada Balai POM di Ambon yang telah membentuk kader Kata BPOM On The Spot di Kampusnya. Mereka berharap para kader yang telah dilantik dapat menjalankan tugasnya sebagai kader Kata BPOM OTS sehingga dapat berdampak terhadap kesehatan Masyarakat di Provinsi Maluku. (HR)

Dapatkan informasi obat dan makanan terkiniFollow akun medsos Ig / Tiktok / Twitter: @bpom.ambon, Fb/Youtube: Balai POM di Ambon. Layanan informasi dan pengaduan (gratis), hubungi Telefon (911) 342-742; HP/WA (24 Jam) 0811-4800-222.

Katong Siap Layani Basudara deng MANISE

Sarana